Penulis / NIM
MOHAMAD MAMAN H. RAUF / 421414002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Mohamad Maman H. Rauf. 2018. Analisis Metakognitif Peserta Didik Pada Konsep Gelombang Di SMA Negeri 2 Gorontalo. Hasil Penelitian, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Yoseph Paramata M.Pd dan Pembimbing II Supartin M.Pd.
Penelitian ini adalah penelitian menggunakan metode survei dengan teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Adapun yang menjadi pusat atau populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik pada kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Gorontalo. Pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan 4 teknik pengumpulan data, berupa observasi awal, tes, angket, dan dokumentasi. Pengetahuan metakognitif yang teliti meliputi pengetahuan deklaratif, pengetahuan prosedural, dan pengetahuan kondisional berkaitan. Data penelitian adalah skor tes dan jawaban peserta pada angket metakognitif. Ketercapaian peserta didik dalam mengerjakan butir soal no 1, 3, 4, 5, dan 7 memiliki presentase pada kategori tinggi dengan nilai berturut-turut 92,59%, 88,88%, 72,22%, 74,04% dan 77,77%. Sedangkan butir soal no 2, dan 6 memiliki presentase pada kategori sedang dengan nilai berturut turut 48,14%dan 57,40 %. Pada angket metakognitif masih ada peserta didik kurang mengetahui kesadaran tentang kognitif mereka dan bagaimana cara mereka mengaturrya dengan baik. Ada beberapa peserta didik sebagian besar yang mampu menjawab pernytaan tersebut sesuai cara belajar meraka. Adapaun peserta didik yang mampu menjawabnya yaitu peserta didik yang nilai tesnya diatas standar.
Kata kunci : Metakognitif, deklaratif, prosedural, dan kondisional
Download berkas