Penulis / NIM
CAHYANI A. SABONU / 421414008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstrak
ABSTRAK
Cahyani A. Sabonu. NIM. 421 414 008. Pengaruh Penerapan Penelitian Ilmiah Remaja terhadap Kemampuan Presentasi Siswa dalam Pelajaran Fisika di Kelas XI IPA8. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. 2018. Di bimbing oleh Asri Arbie dan Abd. Wahidin Nuayi.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gorontalo yang populasinya adalah seluruh kelas XI IPA dengan memilih salah satu kelas yaitu kelas XI IPA 8 sebagai sampel dengan desain one group pretest-posttest. Dalam pengumpulan data yaitu menggunakan lembar observasi yang penilaiannya dilakukan secara individu dan kelompok berdasarkan indikator yang dinilai, selanjutnya data dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif, salah satunya menggunakan uji N-Gain untuk melihat peningkatan kemampuan presentasi peserta didik pada pelajaran fisika. Berdasarkan hasil analisis data pretest dan posttest yang diperoleh, bahwa setiap kemampuan peserta didik telah mengalami peningkatan, yaitu kriteria sedang dan tinggi dengan skor rata-rata N-gain 0.76. Selain itu, Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan penelitian ilmiah remaja yang menggunakan model pembelajaran problem based learning pada pelajaran fisika memiliki pengaruh terhadap kemampuan presentasi peserta didik. Pengaruh tersebut berupah pengaruh positif yang dibuktikan dengan adanya skor posttest yang lebih besar dari skor pretest.
Kata kunci: Kemampuan Presentasi, Pelajaran Fisika, Penelitian Ilmiah Remaja.
Download berkas