SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI WAHYUNI ABD. RAZAK / 421414017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUHAMMAD YUSUF, S.Pd, M.Pd / 0018107508
Abstrak
ABSTRAK Sri Wahyuni ABD Razak, 2018. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaraan Fisika Di Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Telaga". Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universita Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Kooperatif tipe Two Stay Two Sray. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Telaga dengan jumlah peserta didik 28 orang, yang terdiri dari 20 orang peserta didik perempuan dan 8 orang peserta didik laki-laki. Desain penelitian PTK yang dilakukan adalah siklus spiral Kemmis & Mc Taggart, yang terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data selama penelitian yaitu: (1) Lembar aktivitas guru; (2) Lembar aktivitas peserta didik; (3) tes essay yang digunakan untuk melihat hasil belajar peserta didik diakhir siklus. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, pada siklus I peserta didik yang tuntas hanya 57,14% dan peserta didik yang tidak tuntas 42,86%, sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II peserta didik yang memperoleh ketuntasan belajar 82,14% dan dinyatakan tuntas, sedangkan peserta didik yang tidak tuntas 17,86%, sehingga hasil belajar dinyatakan meningkat dan mencapai standar ketuntasan. Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, two stay two stray, hasil belajar ABSTRACT Sri Wahyuni ABD Razak, 2018. "Impoving Students' Learning Achievement through Learning Mdel of Cooperative Type Two Stay Two Stray on Subject of Physics in Class XI MIA 2 SMA Negeri 1 Telaga." Bachelor Study Program of Physics Education, Department of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. The study aims to improve students' learning achievement through learning model of cooperative type two stay two sray on the subject of physics in class XI MIA 2 SMA Negeri 1 Telaga. There are 28 students in this study that consists of 20 female students and 8 male students. The PTK (classroom action research) design conducted is Kemmis & Mc Taggart spiral cycle that consists of some phases, those are planning, action, observation, and reflection. The instrument used are (1) teachers' activity sheets; (2) students' activity sheets; (3) essay test that is used to see the students' learning activity in the final cycle. The study is conducted in 2 cycles, 57,14% students are complete, and 42,86% students do not compete in cycle I, then the study is continued to the cycle II. In the cycle II, students who get completeness learning were 82.14% and declared complete, while the students who have not gotten the complete learning as much as 17.86%, so that learning achievement is declared increased and reaches the standard completeneess. Keywords: cooperative learning, two stay two stray, learning achievemnt
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011