Penulis / NIM
FELDI ISMAIL / 421414019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstrak
Abstrak
Feldi Ismail, 2018. Pengaruh Penerapan Penelitian Ilmiah Remaja Terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Fisika (Suatu Penelitian Di SMA Negeri 1 Gorontalo) yang dibimbing oleh Asri Arbie dan Abd. Wahidin Nuayi.
Penelitian ini merupakan studi eksperimen di SMA Negeri 1 Gorontalo yang bertujuan untuk mengetahui kemajuan minat belajar peserta didik pada pelajaran fisika setelah diterapkan penelitian ilmiah remaja. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan desain penelitian one-group pretest-posttes design. Data dikumpulkan menggunakan angket. Angket diberikan kepada peserta didik yang menjadi kelas penelitian sebanyak dua kali yaitu pada pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif yang disesuaikan dengan desain yang digunakan. Kemajuan minat belajar peserta didik pada pelajaran fisika diwakili oleh beberapa indikator dengan persentase rata-ratanya sebesar 18,73. Kemajuan minat belajar peserta didik berkategori sedang dengan skor rata-rata N-gain sebesar 0,51. Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar peserta didik pada pelajaran fisika memiliki kategori sedang dengan skor korelasi product moment sebesar 0,54. Ditinjau dari pengaruh gender, diperoleh skor kemajuan minat laki-laki lebih besar 2,76% dari minat perempuan.
Kata Kunci : Minat Belajar, Pelajaran Fisika, Penelitian Ilmiah Remaja
Abstract
Feldi Ismail. 2018. The Influence of Adolescent Research Application to Student Learning Interest in Physics Lesson in Class X IPA 3 (A Research in SMA Negeri 1 Gorontalo) guided by Asri Arbie and Abd. Wahidin Nuayi.
This study is an experimental study in SMA Negeri 1 Gorontalo which aims to know the progres of the student' learning interest in physics lesson after applied scientific research teenagers. The sampling uses cluster random sampling technique with one-group pretest-posttest design. Data collected by questionnaire. Questionnaires are given to students who become research classes twich as much as pretest and posttest. Data analysis technique used is descriptive analysis that is adjusted to the design used. The progress of students' learning interest in physics lessons is represented by several indicators with an average score of N-gain of 0.51. the relationship between learning interest and learning outcomes of learners in physics lessons has medium category with product moment correlation of 0.54. judging from the influence of gender, a score of 2.7% greater interest in male interest from female interest was obtained.
Keyword: Interest Learning, Physics Lesson, Adolescent Scientific Research
Download berkas