Penulis / NIM
ROYIS OLII / 421414021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstrak
ABSTRAK
Royis Olii. 2018. "Pengaruh Penerapan Penelitian Ilmiah Remaja (PIR) Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Minat Siswa Pada Pelajaran Fisika di Kelas X Mipa 4". Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Asri Arbie, dan Pembimbing 2. Abd. Wahidin Nuayi.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh penerapan Penelitian Ilmiah Remaja (PIR) dalam model pembelajarn Problem Based Learning (PBL) terhadap minat siswa dalam fisika di SMA Negeri 2 Gorontalo pada tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis pemmbelajarn Problem Based Learning (PBL) dimana model pembelajaran tersebut yaitu model pembelajaran untuk melatih dan megembangkan kemampuan untuk menyelesaikan masaalah yang berorientasi pada masalah autentik dari kehidupan aktual siswa yaitu untuk merangsang kemampuan berfikir tingkat tinggi. Penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimental Design (One Group Pretest-Posttest Design). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket. Dimana data yang dikumpulkan diolah dengan menggunakan statistik deskriptif dengan menggunakn pendekatan dengan menggunakan uji validasi, reliabilitas dan uji gain ternormalisasi. Adapaun hasil pengujian gain ternormalisasi didapatkan (g) = 3,0 dimana dapat dikatakan termasuk kriteria sedang. Dari hasil yang didapatkan menunjukan peningkatan atau perbedaan yang signifikan antara minat siswa sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Penelitian Ilmiah Remaja, Minat Siswa
ABSTRACK
Royis Olii. 2018. "The Influence of adolescent Scientific Research Application (PIR) in Problem Based Learning Model (PBL) to Student interest in Physics Lesson in Class X MIPA 4".Skripsi. Undergraduate Program of Physics Education, Dapartmen of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gorontalo. Supervisor I, Asri Arbie, and Supervisor 2 Abd. Wahidin Nuayi.
This study aims to see how the influence of the application of youth scientifich research (PIR) in the model of Problem Based Learning (PjBL) learning model wich is a model of learning to train and develop the ability to solve problems that are oriented to the autenchid problems of the actual life of students is to stimulate high-level thinking skills. This study uses data colletion techniques through questionnaires. Where data collected is processed by using descriptive statistic by using approach by using validation test, realibility and normalized gain test. The normalized gain test results obtained (g) = 3.0 which can be said to include moderate criteria. The results obtained showed a significant increase or difference between the students' interests before treatment and after treatment.
Keywords: Problem Based Learning, Adolescent Scientific Research, Student Intere
Download berkas