SKRIPSI

Penulis / NIM
PUTRI AFRILIA HUSAIN / 421414025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK Putri Afrilia Husain 2018. Pengembangan perangkat pembelajaran problem based learning pada materi getaran dan gelombang kelas VIII SMP NEGERI 1 tapa. Program studi pendidikan fisika, jurusan fisika, fakultas matemaika dan ilmu pengetahuan alam universitas negeri gorontalo. Pembimbing I prof.Dr. H.Mursalin,M.pd dan pembimbing II Citron S. payu,S.pd M.pd, penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fakultas MIPA pada materi getaran dan gelombang kelas VIII SMP NEGERI 1 TAPA. Model perangkat yang digunakan model 4-D, para meter yang diamati adalah validalitas, kepraktisan, dan keefektifan. Validasi perangkat pembelajaran yang telah dkembangkan dinyatakan dapat digunakan dengan revisi. Perangkat pembelajaran dikatakana praktis telah memenuhi kriteria terlihat karena keterlaksanaan pembelajaran memiliki rata-rata 91,54 % memiliki kriteria sangat baik. Respon peserta didik memiliki 75% sangat baik dan 28% kriteria baik. Perangkat pembelajaran dapat dikatakn praktis ,aktivitas peserta didik dilakukan pada pertemuan pertama yang berkriteria baik yaitu 32% dan 88% berkriteria sangat baik, pada pertemuan kedua 20% berkriteria baik dan 80% berkriteria sangat baik,kemudian pada pertemuan ketiga 12% berkriteria baik dan 88% berkriteria sangat baik. Perangkat pembelajaran dikatakana efektif untuk tes hasil belajar peserta didik ketuntasan klasikal 92% atau di kategorikan sangat baik. Kata kunci : penelitian pengembangan, 4-D, problem based learning. ABSTRACT Putri Afrilia Husain, 2018. Developing problem based learning equipment in vibrations and waves topic at Class of Physics Education, Department of Physics, Faculty of mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Prof. Dr. H. Mursalin, M.Pd and the co-supervisor is Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd. It is development research which is aimed at producing problem-based learning equipment in vibrations and waves topic at Class of VIII, SMP Negeri 1 Tapa. It applies the 4-D model. The observed parameters are validity, practicality, and affectiveness. The development of learning equipment validity result states thet the product is ready to use after revision. The product is practice due to its fulfillment of the criteria; the learning of students implementation obtain 91,54% on average in excellent criteria. The response of students achieved 75% in excellent criteria and 28% in good criteria and 88% for excellent criteria. In the second meeting, the student' s activity reaches 32% for good criteria and 88% for excellent criteria. In the second meeting, the student's activity becomes 20% for good criteria and 80% for excellent criteria . In the third meeting, 12% is for good criteria, and 88% is for excellent criteria. The product is effective due to the achievement of students' classical completeness for 92% in the excellent category. Keywords: research and development, 4-D, problem based learning.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011