Penulis / NIM
YULIYANTI FRANSISKA RAHIM / 421414031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Yuliyanti Fransiska Rahim. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Virtual Laboratory Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di SMA Kabupaten Gorontalo Pada Materi Gelombang bunyi dan Cahaya.. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh bapak Mursalin dan ibu Tirtawati Abdjul.
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan hasil belajar fisika siswa pada kelas yang menerapkan virtual laboratory dan hasil belajar siswa pada kelas yang menerapkan real eksperimen di SMA kelas XI IPA pada materi Gelombang Bunyi dan cahaya. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA se-Kabupaten Gorontalo. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Simple random sampling untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas control, untuk sekolah SMA N 1 telaga kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen kelas XI Ipa-3 dan untuk kelas control yaitu kelas XI Ipa-4. Sedangkan untuk sekolah SMA N 1 Limboto kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen yaitu XI Ipa-5,dan untuk kelas control yaitu kelas XI IPA-1. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dengan butir soal sebanyak 10 butir dalam bentuk tes uraian. Dari kedua sekolah tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran virtual laboratory berbasis PHET dengan pembelajaran menggunakan Real eksperimen melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing.
Kata kunci: Virtual laboratory, Real eksperimen, Hasil belajar,Gelombang Bunyi dan Cahaya.
ABSTRACT
Yuliyanti Fransiska Rahim. The influence of learning model Based on Virtual Laboratory towards Students'Learning Achievement in SMA District of Gorontalo on Materia of sound wave and light. Skripsi. Study program of Physics, Departement of physics,Faculty of Math and Science,State University of Gorontalo. The principal supervisor is Mursalin and the co-supervisor is Tirtawaty Abdjul.
The study aims to observe the difference of students'learning achievement on physics in class applying real experiment in SMA class XI IPA on the material of sound wave and light. This study applies quasi-experiment with posttest only control group design. The population of this study is all the senior high school' student in the District of Gorontalo. Sampling technique used is simple random sampling to determine the experiment class and control class. For SMA N 1 Telaga,the experiment class is XI IP-3,and the control class is XI IPA-4. While for the SMA N 1 Limboto,the experiment class is XI IPA-5 and the control class is XI IPA-1. The instrument used in this study is learning achievement test for 10 questions in the form of description test. Based on both school, is can be councluded that there is a difference of students' learning achievement on physics in class using virtual laboratory based on PhET with the learning model using real experiment through guided inquiry learning model.
Keywords: Virtual Laboratory,Real Experiment, Learning Achievement, Sound wave and Light.
Download berkas