Penulis / NIM
FATMAWATI SUPU / 421414041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
DEWA GEDE EKA SETIAWAN, S.Pd., M.Sc / 0025088602
Abstrak
ABSTRAK
FATMAWATI SUPU. 2018 "Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Berbasis 5M Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Gorontalo Pokok Bahasan Getaran Harmonis". Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dr. rer. nat. Mohamad Jahja, M.Si (2) Dewa Gede Eka Setiawan, S.Pd, M.Sc.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Gorontalo yang bertujuan untuk melihat perbedaan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) berbasis 5M dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu True Experimental Design dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Gorontalo. Desain dan pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian berjumlah 79 orang yang terbagi ke dalam kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan persyaratan analisis dilakukan uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Dari hasil analisis data pada = 0,05 di peroleh ttabel = 1,67 dan thitung = 4,53 dimana H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) berbasis 5M dengan yang menggunakan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain).
Kata Kunci : POE (Predict-Observe-Explain) Berbasis 5M, Pemahaman Konsep
ABSTRACT
FATMAWATI SUPU. 2018. "The Influence of POE (Predict-Observe-Explain) Learning Model Based on 5M towards Students Concept Understanding in Class X SMA Negeri 4 Gorontalo Subject of Harmonic Vibration. Skripsi. Study Program of Physics Education, Department of Physiscs, Faculty of Math and Science, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Dr. rer. nat Mohamad Jahja, M.Si and the co- supervisor is Dewa Gede Eka Setiawan, S.Pd, M.Sc.
This study was conducted in SMA Neegri 4 Gorontalo which aims to look at the difference of students concept understanding that is using POE (Predict-Observe-Explain) learning model. This study applies true experimental design with pretest-posttest control group design. The population of this study is all the students in class X SMA Negeri 4 Gorontalo. Sampling techniques is uisng cluster random sampling. The sample in this study are 79 students which is devided into control class and experiment class. Data analysis technique is using t test with requirement of analysis then conducted a normality test using Liliefors testand a hemogenity test using fisher test. Based on the result of data analysis on = 0,05 is obtained ttable = 1,67 and tcount = 4,53, where the H0 is rejected and H1 is accepted. This shows that there is a difference between students concept understanding using POE (Predict-Observe-Explain) learning model based on 5M with those who is using POE (Predict-Observe-Explain) learning model.
Keywords : POE (Predict-Observe-Explain) based on 5M, concept understanding
Download berkas