SKRIPSI

Penulis / NIM
KARTIKA M. ABDULLAH / 421414042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK Kartika Abdullah (421414042) "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Kecakapan Hidup untuk Meningkatkan Kecakapan Akademik dan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Konsep Tekanan Zat Cair di Kabupaten Bone Bolango". Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pendidikan tidak hanya menjadikan siswa menguasai materi pelajaran, tetapi juga ditekankan untuk membekali siswa dengan kecakapan hidup salah satunya adalah kecakapan akademik. Selain kecakapan akademik yang perlu ditingkatkan pada siswa yaitu keterampilan pemecahan masalah. Peningkatan kecakapan akademik dan keterampilan pemecahan masalah dipengaruhi oleh proses pembelajaran dikelas termasuk pemilihan model pembelajaran yang sesuai. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kecakapan akademik dan keterampilan pemecahan masalah siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis kecakapan hidup dalam konsep tekanan zat cair di Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan adalah weak eksperimental dengan desain The One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis kecakapan hidup. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil analisis data pada nilai N-gain dengan nilai 0,63 yang berkriteria sedang. Kecakapan akademik siswa pun meningkat pada setiap pertemuan. Nilai N-gain pada pertemuan pertama adalah sebesar 0,61 yang berkriteria sedang, pada pertemuan kedua nilai N-gain adalah 0,65 dengan kriteria sedang, pertemuan ketiga nilai N-gain adalah 0,7 dengan kriteria tinggi, dan pada pertemuan keempat nilai N-gain meningkat menjadi 0,76 dengan kriteria tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis kecakapan hidup dapat meningkatkan kecakapan akademik dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci: kooperatif tipe STAD berbasis kecakapan hidup, kecakapan akademik, keterampilan pemecahan masalah, tekanan zat cair ABSTRACT Kartika Abdullah (421414042) "The Implementation of STAD Cooperative Learning Model Based on Life Skill to Improve Junior High School Student's Academic Skill in Liquid Pressure Concept in Bone Bolango Dostrict". Skripsi, Study Program of Physics Education, Department of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. Education does not let students master a certain subject, instead, it also equips them with life skills namely academic and problem-solving. Improvement of these two life skills is affected by classroom learning process including selection of appropriate learning model. One of the alternatives to be applied is STAD cooperative learning model. Thus, the research aimed to investigate the improvement of students' academic and problem-solving skills after application STAD cooperative learning based on life skills in liquid pressure concept in Bone Bolango District. It applied weak experimental method with The One-Group Pretest-Posttest Design. The research finding showed that there was an improvement of students'problem-solving skills after the application of STAD cooperative learning model based on the life skills. It was shown in the value of N-gain which was 0,63 with medium criteria. Also, students' academic skills improved in every meeting as reflected by the value of N-gain for 0,61 with medium criteria in the first meeting, 0,65 with medium criteria in the second meeting, 0,7 with high criteria in the third meeting, and 0,76 with high criteria in the fourth meeting. Therefore, it could improve atudents' academic and problem-solving skills. Keywords: STAD Cooperative Learning Model Based on Life Skills, academic skill, problem solving skill, liquid pressure
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011