Penulis / NIM
I GEDE SUBAWA / 421414048
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
DEWA GEDE EKA SETIAWAN, S.Pd., M.Sc / 0025088602
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar yang dibelajarkan dengan menggunakan model pebelajaran TAI (Team Assisted Individulization) dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran tipe STAD pada materi hukum Newton. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Gorontalo pada tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Cluster Random Sampling dan terpilih kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar dengan butir soal sebanyak 10 butir dalam bentuk tes uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian yang diperoleh adalah thitung = 7,706 dan ttabel = 1,671, karena thitung ttabel maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran TAI (Team Assested Individualization) dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran tipe STAD.
Kata Kunci: TAI (Team Assested Individualization), STAD (Student Team Achievement), Hasil Belajar, Hukum Newton
Download berkas