Penulis / NIM
RISNAWATI S. MAKUR / 421414050
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Risnawati S. Makur, 2018. Analisis Literasi Sains Sebagai Batang Tubuh Pengetahuan Pada Buku Teks Pelajaran Fisika Kelas XI SMA. Skripsi, Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Masri Kudrat Umar, S.pd, M.Pd dan pembimbing II. Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat literasi sains pada buku teks pelajaran fisika kelas XI SMA. Hasil penelitian diperoleh dengan cara menggunakan lembar penilaian yang berisi pernyataan tentang Literasi sains sebagai batang tubuh pengetahuan pada buku teks pelajaran Fisika. Hasil penilitian pada keempat buku menampilkan dimensi literasi sains sebagai batang tubuh pengetahuan lebih tinggi dan paling dominan 75,82%. pada buku siswa Fisika untuk SMA/MA kelas XI, karangan Pujianto, penerbit Intan Pariwara sangat baik, yaitu rata-rata persentase sebesar 88,3%, pada buku siswa Fisika untuk SMA/MA, karangan Indarti, penerbit Mediatama sangat baik, yaitu rata-rata persentase sebesar 86,75%, pada buku Fisika untuk SMA kelas XI, karangan Marthen Kaginan, penerbit Erlangga baik, yaitu rata-rata persentase sebesar 73,25% dan pada buku Fisika jilid 2 untuk SMA kelas XI, karangan Supiyanto, penerbit PHIBETA cukup baik, yaitu rata-rata persentase sebesar 55%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat literasi sains sebagai batang tubuh pengetahuan pada buku teks pelajaran Fisika kelas XI SMA yang digunakan di tiga sekolah yang berda di Kota Gorontalo berkriteria baik sesuai penilaian.
Kata Kunci : Literasi Sains, BukuTeks, Analisis Isi
Abstract
Risnawati S. Makur. 2018. "Science literacy Analysis as a Body of Knowledge in physics book class XI Higt Schoo. Thesis, Physic Education, Physic Departemen, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gorontalo. The Principal Supervisor is Dr. Masri Kudrat Umar,S.Pd, M.Pd, and The Co-Supervisor is Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd.
The research uses a qualitative approach With content analysis method. The study aims to describethe levelof science literacy in textbooks physics class XI higt school. The result were obtained by using a scoring sheet that contains a statement about science literacy as a bady of knowledge in textbook physics lessons. The result of the research on the four books show the dimension of science literacyas the body of higher knowledge and the most dominant 75,82% in the remaining book of physics for SMA/MA, by Indarti, Mediatama publisher isvery good, that is average percentage of 86.75% in physics book for SMA class XI, written by Marthen Kaginan, Erlangga good publisher, the average percentage of 73.25% and the book physics volume 2 for high school class XI, essay supiyanto, publisher PHIBETA good enough, the average percentage of 55%. From the results of the study, it can be concluded that the level of science literacy as a body of knowledge in the textbook of physics class XI SMA used in three schools located in the City of Gorontalo having been in good criteria according to the assessment.
Keywords: Science Literacy, textbook, Content Analysis
Download berkas