SKRIPSI

Penulis / NIM
SITTY OLIVYA YULNANINGTIAS USMAN / 421414051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
DEWA GEDE EKA SETIAWAN, S.Pd., M.Sc / 0025088602
Abstrak
ABSTRAK Sitty Olivya Y. Usman. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tapa. Program Studi Pendidikan Fisika. Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo. Dibimbing Oleh Bapak Mohamad Jahja dan Bapak Dewa Gede Eka Setiawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan menggunakan metode eksperimen dan kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Tapa pada semester genap 2017-2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang terbagi dalam 3 kelas dengan jumlah 81 siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Only Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan secara acak berkelompok (Simple Random Sampling) untuk memilih anggota kelompok kelas. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan metode eksperimen dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak menggunakan metode eksperimen. Instrument yang digunakan adalah tes uraian yang terdiri dari 7 item tes. hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dua sampel independen dengan hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,802 > 1,676. Dari hasil tersebut ditemukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan metode eksperimen dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak menggunakan metode eksperimen. Kata kunci : Student Teams Achievement Division (STAD), eksperimen, hasil belajar, getaran harmonis sederhana ABSTRACT Sitty Olivya Y. Usman. 2018. The Influence Model of Cooperative Learning Type Student Teams Achievement Division (STAD) Using Exprimental Methods of Learning Outcomes students of Class X SMA Negeri 1 Tapa. Study Program of Physics Education, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. The Principal supervisor is Mohamad Jahja and co-supervisor is Dewa Eka Setiawan. The study aimed to determine differences in student learning outcomes of the class that use model of cooperative learning type Student Teams Achievement Division (STAD) by using experimental and class methods in student of cooperative learning STAD does not use experimental methods in students of class X SMA Negeri 1 Tapa at even semester 2017-2018. The research is an experimental research the population in this study is the class X students are divided into 3 classes with the number of 81 students. The research design used in this research is Pretest-Posttest Only Control Group Design. The sampling is done randomly in groups (Simple Random Sampling) to select class members. The experimental class were treated using model of cooperative learning type STAD using experimental method and control class were treated by using model of cooperative learning type STAD not using experimental methods. The instrument used is a description test consisting of 7 test items. Hypothesis test results using t-test of two independent samples with the calculation results obtained tcount > ttable that is 6,802 > 1,676. The results found that there are differences in student learning outcomes learned by using model of cooperative learning type STAD using experimental methods with students who were taught by using model of cooperative learning type STAD did not use experimental methods Keywords: Student Teams Achievement Division (STAD), Experiment, Learning Outcomes, Simple Harmonic Vibration
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011