Penulis / NIM
FIDYAWATY Y PAKAYA / 421414054
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Fidyawaty Y. Pakaya, 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Yoseph Paramata, M.Pd dan Pembimbing II Tirtawaty Abdjul, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal yang valid, efektif, dan praktis terhadap keterampilan proses sains siswa pada konsep kalor di SMA Negeri 1 Paguat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R & D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Teknik pengumpulan data yang digunakan diperoleh melalui validasi ahli, observasi keterlaksanaan pembelajaran, observasi aktivitas siswa, angket respon guru dan siswa, serta tes keterampilan proses sains terhadap pengembangan perangkat. Hasil analisis menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, efektif, dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Kevalidan perangkat pembelajaran ditunjukkan dari hasil validasi ahli bahwa perangkat pembelajaran siap digunakan dengan sedikit revisi. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis terlihat berdasarkan hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran selama 3 kali pertemuan yaitu 96,29%, 100%, dan 100% dengan kategori sangat baik, persentasi angket respon guru sebesar 85,41% dengan kategori sangat baik dan rata-rata hasil angket respon siswa 20% (responden) memberikan respon dengan kategori baik dan 80% (responden) memberikan respon dengan kategori sangat baik. Perangkat pembelajaran efektif ditunjukkan dengan angka peningkatan keterampilan proses sains yang diuji yaitu sebesar 0,87 dengan kriteria n-gain tinggi dan rata-rata hasil pengamatan aktivitas siswa 61%-100% dengan kategori baik dan sangat baik.
Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Kearifan Lokal, Keterampilan Proses Sains
Download berkas