Penulis / NIM
NI NYOMAN AYU DEWI / 421414063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
DEWA GEDE EKA SETIAWAN, S.Pd., M.Sc / 0025088602
Abstrak
NI NYOMAN AYU DEWI, 2018. Deskripsi Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Pada Pembelajaran IPA (Fisika) Materi Getaran Dan Gelombang Di Smp Negeri 13 Gorontalo. Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengggetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh : Pembimbing I, Dr.Rer.Nat. Mohamad Jahja, S.Si, M.Si dan Pembimbing II, Dewa Gede Eka Setiawan, S.Pd, M.Sc.
Proses pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga siswa kurang mandiri dalam proses pembelajaran, dan penggunaan model pembelajaran yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa di sekolah SMP Negeri 13 gorontalo pada mata pelajaran IPA (fisika). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Pada Pembelajaran IPA (Fisika) Materi Getaran dan Gelombang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 13 Gorontalo yang populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel di ambil dengan menggunakan tehnik cluster random sampling kemudian yang menjadi kelas perlakuan adalah kelas VIII A yang siswanya berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan instrumen berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Tehnik analisis data menggunakan statistika deskriptif yaitu data-data yang diperoleh dianalisis dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generelisasi kemudian dipresentasekan melalaui tabel atau diagram. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran reciprocal teaching pada proses pembelajaran terlaksana sesuai RPP dengan baik, dimana proses pembelajaran berlangsung secara keseluruhan aktivitas guru dan aktivitas siswa dari pertemuan I, II dan III, untuk persentase aktivitas guru mencapai rata-rata 92,11% sedangkan persentase aktivitas siswa mencapai rata-rata 79,40%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran reciprocal teaching sangat sesuai untuk digunakan pada materi getaran dan gelombang mata pelajaran IPA.
Kata Kunci : Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Getaran dan Gelombang.
Download berkas