SKRIPSI

Penulis / NIM
FACHRUNNISA NURDIN / 421414065
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Abstrak
ABSTRAK Fachrunnisa Nurdin. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal (permainan tradisional) untuk Meningkatkan Kemempuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Momentum dan Impuls. Skripsi. Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, 2018. Pembimbing 1 Yoseph Paramata dan Pembimbing II Abdul Haris Odja Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal berupa silabus, RPP, LKPD, bahan ajar dan tes kemampuan berpikir kritis yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep momentum dan impuls di SMA. Indikator kemampuan berpikir kritis siswa mencakup menentukan suatu tindakan, memberikan penjelasan dan menyimpulkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan metode 4-D yang terdiri dari empat tahapan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate.. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, dan tes kemampuan berpikir kritis. Validitas ditentukan melalui pendapat tim ahli terkait dengan format, isi/materi, dan bahasa. Kepraktisan perangkat ditentukan melalui keterlaksanaan pembelajaran serta angket respon guru dan siswa. Keefektifan perangkat ditentukan melalui aktivitas siswa dan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang ditunjukan dengan angka peningkatan sebesar 0,81 dengan kriteria gain tinggi. Simpulan peneliti bahwa perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal pada kategori valid, praktis dan cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci : Berpikir Kritis, perangkat pembelajaran, kearifan lokal, momentum dan impuls ABSTRACT Fachrunnisa Nurdin. 2018. Developing Local Wisdom Based-learning Tools to Improve Student's Critical Thinking on Momentum and Impulse Concept. Skripsi. Department of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. The principal supervisior is Yoseph Paramata and the co-supervisior is Abdul Haris Odja. The research aims at generating local wisdom-based learning tools such as syllabus, lesson plan (RPP), student's worksheet (LKPD), teaching materials and a test containing valid, pratical, and effective content which can improve student's critical thinking on the concept of momentum and impuls. The critical thinking indicators cover and action, explanation, and drawing conclusion. Research and development is the research models through the application 4-D method consisting of define, design, develop, and disseminate. The research instruments were validation sheet, observation sheet, and critical thinking test. Expert team determines the validity items such as the format, content, and language. Teaching and learning application, questionnaire containing of students and teachers responses determine practicality of learning tools. Student's activity and the improvement value of 0,81 acknowledged high gain. The research conclude that local wisdom-based learning tools have been valid, practical, and sufficiently effective to increase student's critical thinking. Keywords: critical thinking, learning tools, local wisdom, momentum and impulse
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011