Penulis / NIM
EKAWARNI / 421414066
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Abstrak
ABSTRAK
EKAWARNI, 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Kecakapan Hidup untuk Meningkatkan Kecakapan Sosial dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP dalam Konsep Getaran dan Gelombang Di Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1-Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Supartin, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Abdul Haris Odja, S. Pd, M. Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecakapan sosial dan keterampilan proses sains setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis kecakapan hidup siswa SMP di Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan dengan menggunakan lembar observasi kecakapan sosial pada observasi awal dan observasi akhir serta pretest dan posttest dengan menggunakan tes keterampilan proses sains. Hasil penelitian ini yaitu pada observasi awal yaitu 23,04% dengan kategori sangat kurang, dan pada observasi akhir mengalami peningkatan yaitu 85,48% dengan kategori baik. Kemudian di uji dengan menggunakan uji N-gain (uji peningkatan kemampuan) berdasarkan Hake (1999) dengan nilai N-gain yang diperoleh yaitu 0,81 termasuk kategori tinggi, sedangkan pada tes keterampilan proses sains terdapat peningkatan dengan nilai rata-rata pretest adalah 20 dan posttest yaitu 74,9 dengan nilai N-gain yaitu 0,7 kategori tinggi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kecakapan sosial dan keterampilan proses sains setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis kecakapan hiidup siswa SMP Negeri 4 Telaga.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif STAD berbasis kecakapan hidup, Kecakapan Sosial, keterampilan proses sains.
Download berkas