Penulis / NIM
NI KOMANG MUSTIARI / 421414067
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Pembimbing 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstrak
ABSTRAK
Ni Komang Mustiari (421414067) "Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Kegiatan Labolatorium Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri I Telaga Biru Kelas X pada Konsep Fisika." Skripsi, Program studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, 2018. Pembimbing I Dr. Abdul Haris Odja, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Abd Wahidin Nuayi, S.Pd, M.Si
Peserta didik belum memiliki kemampuan berfikir tingkat tinggi dan sebagian peserta didik masih memperoleh hasil dibawah KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 75,00. Artinya guru masih lebih aktif dibandingkan para peserta didik dimana peserta didik hanya sebagai penerima informasi dan bukan pengguna informasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kegiatan labolatorium terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA Negeri I Telaga Biru kelas X pada konsep fisika pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini sampel diambil sebanyak satu kelas yang berjumlah 24 orang, kelas X MIA 3 sebagai sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes uraian berjumlah 5 soal yang digunakan untuk melihat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa setelah menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kegiatan laboratorium pada konsep fisika. Dalam penelitian ini di peroleh hasil uji normalitas data pretes 0,004 dan postes 0,074. Setelah melakukan analisi uji hipotesis didapatkan data posttest-pretest, berdasarkan output "test stastistik" diketahui Asymp.Sig (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa setelah menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kegiatan laboratorium.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Kegiatan Laboratorium, Keterampilan Berpikir Kritis.
Download berkas