Penulis / NIM
MELIANA SURANTI / 421414068
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MUHAMMAD YUSUF, S.Pd, M.Pd / 0018107508
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
Meliana Suranti, 2018, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict-Observe Explain) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Getaran Dan Gelombang (Suatu Penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Momunu, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo, pembimbing 1 Dr. Muhamad Yusuf, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 36 orang. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan instrument tes, dan jenis analisis yang digunakan yakni menggunakan rumus uji t-tes.Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar dengan nilai rata-rata pretest sebesar 46,36 dan nilai posttest sebesar 80,83 dan diperoleh analisis data menggunakan uji t dengan nilai thitung 18,25 > ttabel 2,042. Jumlah thitung lebih besar dari jumlah ttabel yang menggambarkan bahwa H0 ditolak dan Hi diterima, yang berarti terdapat pengaruh peningkatan hasil belajar dari penerapan model pembelajaran POE (Predict-Observe Explain) materi getaran dan gelombang kelas VIII SMP Negeri 4 Momunu.
Kata-Kata Kunci : Model Pembelajaran POE, Hasil Belajar
ABSTRACT
Meliana Suranti, 2018. The influence of POE (Predict-Observe-Explain) Learning Model towards Student's Learning Achievement in Vibrations and Waves Topic (A Study conducted at SMP Negeri 4 Momunu). Study Program of Physics Education, Department of Physics, Faculty Of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. The Principal supervisor is Dr. Muhamad Yusuf, S.Pd, M.Pd, and the co-supervisor is Citron S. Payu, M.Pd.
The study is aimed to investigate the influence of POE (Predict-Observe-Explain) learning model toward students' learning achievement in vibrations and waves topic. The samples are 36 students in the class of VIII. The technique of data collection is a test instrument, and the technique of data analysis applies a t-test obtained value of t count 16,81 > t table 2,042 that explained H0 was rejected and Ha was accepted. The influence of POE learning model implementation verified to be able to improve students' learning achievement at vibration and waves topicwith value of N-gain for 0,65 in medium category. The average value of posttest was 81,02 in which was higher than the determined KKM or Minimum Completeness Criteria (75). Based on statistics test, it could be inferred that there was influence of students' learning achievement through application of POE model at vibration and waves topics.
Keywords: POE Learning Model, Learning Achievement
Download berkas