Penulis / NIM
NOVITA AMIN / 421414070
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Abstrak
ABSTRAK
Novita Amin, 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Kecakapan Hidup terhadap Kecakapan Sosial dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP dalam Konsep Bunyi di Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Supartin, M.pd, Pembimbing II Dr. Abdul Haris Odja, S.pd, M.pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kecakapan hidup terhadap kecakapan sosial dan keterampilan proses sains setelah Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis kecakapan hidup siswa SMP dalam konsep Bunyi di Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan Sampel penelitian ini dilakukan secara Simple random sampling Dimana peneliti mengambil sampel dengan melakukan lotre terhadap semua populasi. Berdasarkan hasil diadakan lotre, sampel yang terpilih adalah kelas VIII D (kelas eksperimen) berjumlah 25 siswa dan kelas VIII C (kelas kontrol) yang berjumlah 25 siswa. Untuk menunjang keberhasilan peneliti, digunakan Lembar Observasi kecakapan sosial siswa, Tes keterampilan proses sains siswa dan Angket siswa. Berdasarkan analisis data Kecakapan sosial siswa pada kelas eksperimen dengan kategori N-gain tinggi yaitu 0,74 ,pada kelas kontrol dengan kategori N-gain sedang yaitu 0,40. N-gain pada keterampilan proses sains kelas eksperimen yaitu 0,72 (Tinggi), sedangkan kelas Kontrol yaitu 0,5 (Sedang). Sedangkan Untuk Uji hipotesis pada kecakapan sosial diperoleh Thitung > Ttabel atau 6,198 > 1,68, dan untuk keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen dan kontrol dengan uji statistik non-parametrik menggunakan 2Independent Samples SPSS for Windows Versi 16.0. nilai sig Asymp.Sig = 0,003. Kriteria pada penelitian ini apabila hasil uji hipotesis nilai sig Asymp.Sig < 0,05 maka Hipotesis diterima, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kecakapan sosial dan keterampilan proses sains setelah Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis kecakapan hidup siswa dalam konsep Bunyi di Kabupaten Gorontalo.
Kata kunci : N-gain, kecakapan Sosial, keterampilan proses sains.
Download berkas