Penulis / NIM
WAHDIATI TONGGI / 421414073
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Wahdiati Tonggi, 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Suhu Dan Kalor. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matemetika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, dibimbing oleh Bapak Yoseph Paramata dan Ibu Supartin.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Kearifan Lokal yang valid, praktis, dan efektif pada konsep suhu dan kalor di SMK 2. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R & D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Kevalidan perangkat pembelajaran ditunjukan dari hasil validasi ahli bahwa perangkat siap digunakan dengan sedikit revisi. Perangkat dikatakan praktis terlihat berdasarkan hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran selama 3 kali pertemuan yaitu 100 %, 95,24 %, dan 100% dengan kriteria sangat baik, serta angket respon guru dan siswa yang menyatakan perangkat praktis digunakan dengan presentase berturut-turut 84,78 % dan 81,25 % . Perangkat pembelajaran efektif untuk hasil tes berpikir kritis dengan perolehan nilai n-gain 0,76 dengan kriteria gain tinggi dan hasil pengamatan aktivitas siswa yaitu di atas 90,09 % dengan kriteria baik.
Kata Kunci: Kearifan Lokal, Berpikir Kritis, Perangkat Pembelajaran, Suhu dan Kalor
ABSTRACT
Wahdiati Tonggi,2018. Development of Learning Instrument Based on Local Wisdom to Increase The Student's Critical Thinking Ability in The Concept of Temperature and Heat. Skripsi, Study Program of Physics Education, Physics Department, Faculty of Mathematics and Science, Gorontalo State University. The first supervisor Yoseph Paramata and second supervisor Supartin.
The aim of this study is to produce the learning instrument based on local wisdom which is appropriate, practical and effective in the concept of temperature and heat in Gorontalo 2nd vocational high school. This study is a type of research and development (R&D) 4-D as the model of development. The appropriate criteria showed by the expert validation that the learning instrument is ready to used with a little revision. It's practical shows by the result of observasion on learning process in three times meeting which is 100 %, 95,24 %, and 100 % with a great criteria, and also the teacher and student's questionnaire response are 84,78 % and 81,25 %. The learning instrument is effective by the critical test result with the n-gain score 0,76 with high gain criteria and the result of observation on student's activity is up 90,09 % with a good criteria
Keywords : Local wisdom, critical thinking, learning instrument, temperature and heat
Download berkas