Penulis / NIM
NOFALIA PAPUTUNGAN / 421414074
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
DEWA GEDE EKA SETIAWAN, S.Pd., M.Sc / 0025088602
Abstrak
ABSTRAK
Nofalia Paputungan. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran CLIS Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tekanan. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.rer.nat.Mohamad Jahja, S.Si, M.Si dan Pembimbing II Dewa Gede Eka Setiawan, S.Pd, M.Sc.
Proses pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, dan rendahnya hasil belajar siswa di sekolah SMP N 5 Gorontalo khususnya mata pelajaran fisika.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Clis dan model pembelajaran konvensional. Penelitian Ini menggunakan metode true eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini dilakasakan di SMP N 5 Gorontalo yang populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel di ambil dengan menggunakan Cluser Random Sampling kemudian yang menjadi kelas perlakuan adalah kelas VIIIC dan kelas VIIIE yang siswanya sebanyak 31 siswa tiap kelas. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian dari uji t yang di peroleh adalah thitung = 3,61 > ttabel = 1,670, karena thitung lebih besar dari pada ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Clis Terhadap hasil belajar siswa pada kelas VIII di SMP N 5 Gorontalo pada mata pelajaran IPA (Fisika) materi pokok Tekanan.
Kata Kunci : Model Pembelajaran CLIS , Hasil Belajar
Download berkas