Penulis / NIM
HIDAYATI / 421414076
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Hidayati, 421414076 "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Gelombang Bunyi".
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, LKPD, bahan ajar dan tes keterampilan berpikir kritis berbasis kearifan lokal yang valid, praktis dan efektif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Gelombang Bunyi. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Development dan Disseminate. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara validasi ahli, observasi, angket respon, dan tes uraian keterampilan berpikir kritis yang diujicoba pada kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Gorontalo. Perangkat yang valid dilihat dari pendapat tim ahli berupa komentar dan saran. Perangkat yang praktis dilihat dari hasil persentase observasi keterlaksanaan pembelajaran selama 3 kali pertemuan serta angket respon guru dan angket respon peserta didik. Perangkat yang efektif dilihat dari hasil observasi aktivitas peserta didik selama 3 kali pertemuan, serta hasil tes keterampilan berpikir kritis peserta didik yang mengalami peningkatan sebesar 0,84 dengan kriteria N-gain tinggi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal pada kategori valid, praktis dan efektif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Kearifan Lokal, Berpikir Kritis.
Download berkas