SKRIPSI

Penulis / NIM
SAKINA RACHMATIA / 421414077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK Sakina Rachmatia, 2018. "Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan keterampilan proses sains siswa pada materi gelombang bunyi". Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan keterampilan proses sains siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model penelitian 4-D yang terdiri dari 4 tahap penelitian pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Development), dan penyebaran (Dissemenate). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi, lembar observasi, lembar angket respon guru dan siswa dan lembar tes kemampuan keterampilan proses sains.Teknik analisis data menggunakan analisis data validasi logis, uji n-gain, analisis data aktivitas siswa, analisis data keterlaksanaan pembelajaran, dan analisis angket respon guru dan siswa terhadap pengembangan perangkat. Hasil analisis menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, bahan ajar, LKPD, dan tes kemampuan keterampilan proses sains layak untuk digunnakan. Hal ini berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh 3 validator yang menyatakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan dengan revisi kecil (sedikit revisi). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dikatakan praktis berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran masing-masing pertemuan diatas 89,47 % dengan kriteria sangat baik. Selain itu, dilihat dari nilai presentase angket respon guru sebesar 86,45 % dan presentase angket respon siswa sebesar 87,17 % dengan kriteria sangat baik. Kemudian. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dikatakkan efektif berdasarkan nilai presentase aktivitas peserta didik pada masing-masing pertemuan di atas 89,81 % dengan kriteria sangat baik serta peningkatan nilai n-gain tes kemampuan keterampilan proses sains sebesar 0,78 dengan kriteria gain tinggi. Kata kunci: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Kearifan lokal, Keterampilan Proses Sains
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011