Penulis / NIM
NYOMAN SRIASTUTI / 421414078
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Abstrak
ABSTRAK
Nyoman Sriastuti. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Kecakapan Hidup untuk Meningkatkan Kecakapan Akademik dan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa pada Konsep Getaran dan Gelombang di SMP Negeri 1 Kabila. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Supartin, M.Pd dan pembimbing II Dr. Abdul Haris Odja, S.Pd, M.Pd
Pembelajaran IPA di sekolah cenderung hanya fokus pada penilaian kognitif siswa saja, namun kecakapan hidup dan keterampilan masalah siswa cenderung lebih diabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecakapan akademik dan keterampilan pemecahan masalah siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis kecakapan hidup pada konsep getaran dan gelombang di SMP Negeri 1 Kabila. Penelitian telah dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang dilakukan 4bulan. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kabila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode penelitian Experimental Design. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes keterampilan pemecahan masalah, lembar observasi kecakapan akademik, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi keterlaksanaan RPP, dan angket respon siswa. Data hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD berbasis kecakapan hidup. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil analisis data pada nilai N-gain dengan nilai 0.726 yang termasuk dalam kriteria tinggi. Nilai kecakapan akademik pada siswa pun mengalami peningkatan, nilai N-gain pada pertemuan pertama adalah sebesar 0.63 termasuk kriteria sedang, pada pertemuan kedua nilai N-gain adalah 0.69 termasuk kriteria sedang, peningkatan pertemuan ketiga adalah 0.72 termasuk kriteria tinggi dan peningkatan pertemuan keempat 0.77 termasuk kriteria tinggi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan kecakapan akademik sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD berbasis kecakapan hidup.
Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, kecakapan hidup, keterampilan pemecahan masalah, kecakapan akademik
Download berkas