Penulis / NIM
EPI ERPIANA / 421414079
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Epi Erpiana, 2018. "Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan metakognitif siswa pada materi gelombang bunyi". Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan metakognitif (deklaratif, procedural, dan kondisional) siswa pada materi gelombang bunyi. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model penelitian 4-D yang terdiri dari 4 tahap penelitian pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Development), dan penyebaran (Dissemenate). Instrument yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar observasi dan lembar tes kemampuan metakognitif. Validasi dilakukan oleh 3 validator ahli mengenai format, isi/materi dan bahasa. Kepraktisan perangkat ditentukan melalui keterlaksanaan pembelajaran, angket respon guru dan angket respon siswa. Keefektifan perangkat pembelajaran ditentukan melalui hasil ujicoba di kelas XI IPA2 SMAN 1 Kabila yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan metakognitif siswa yang ditunjukkan dengan nilai sebesar 0,84 dengan kriteria gain tinggi dan juga melalui hasil observasi keaktivan siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh menggunakan lembar validasi, lembar observasi dan lembar tes metakognitif, simpulan dari penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal, valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan metakognitif siswa.
Kata kunci: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Kearifan lokal, Metakogitif, dan 4-D.
Download berkas