Penulis / NIM
VYYA AFRIYANTI / 421414080
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis virtual laboratory dengan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis real experiment di kelas XI IPA pada materi gelombang bunyi dan cahaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA kelas XI IPA di Kabupaten Bone Bolango. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling dan terpilih sekolah SMA Negeri 1 Tapa dan SMA Negeri 1 Kabila. Pada sekolah pertama terpilih kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan pada sekolah kedua terpilih kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar dalam bentuk tes uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis virtual laboratory dengan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis real experiment.
Kata Kunci: Virtual Laboratory, Real Experiment, Hasil Belajar, Gelombang Bunyi dan Cahaya.
Download berkas