SKRIPSI

Penulis / NIM
MARIA ULFA PRATAMA / 421414084
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Abstrak
ABSTRAK Maria Ulfa Pratama. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD berbasis kecakapan Hidup untuk Meningkatkan Kecakapan Sosial dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP dalam Konsep Tekanan Di Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Supartin dan Pembimbing II Abdul Haris Odja. Penelitian penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) yang berbasis kecakapan hidup ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Kecakapan Sosial dan Keterampilan Proses Sains siswa SMP setalah model pembelajaran tersebut diterapkan. Penelitian ini dibatasi pada materi Tekanan yang merupakan materi kelas VIII semester genap Tahun Ajaran 2017/2018 di SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif serta menggunakan desain penelitian One Group Pre-test - Post-test. Peningkatan ini dilihat dari tes keterampilan proses sains siswa (peserta didik) dengan nilai rata-rata pretest adalah 64,72%, dan meningkat pada nilai rata-rata posttest yaitu 89,72%, dengan nilai gain 0,7 "kategori tinggi". Nilai persentase kecakapan sosial siswa (peserta didik) pada observasi awal yaitu 34,23% dengan kategori sangat kurang, dan mengalami peningkatan pada observasi akhir selama 4 pertemuan adalah 76,11% dengan kategori baik dan nilai N-Gain 0,6 dapat dikatakan pula sebagai gain sedang. Hal ini ditunjukkan pada hasil penelitian untuk rata-rata persentase kecakapan sosial dari 20 responden hanya 2 orang siswa (peserta didik) yang tidak memenuhi kriteria baik dalam kecakapan sosialnya. Reliabilitas pengamat kecakapan sosial pada empat pertemuan yang dinilai oleh dua pengamat setiap deskriptornya sudah memenuhi kriteria baik digunakan dengan nilai rata-rata persentase 92,68%. Kata Kunci: Kooperatif tipe STAD, Kecakapan hidup, Keterampilan proses sains, Sekolah Menengah Pertama, Tekanan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011