Penulis / NIM
CHIKA RAFIKA POTABUGA / 421414085
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Chika Rafika Potabuga, 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing 1 Yoseph Paramata, dan Pembimbing 2 Supartin.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal yang valid, efektif, dan praktis untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada konsep suhu dan kalor. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Gorontalo menggunakan metode pengembangan perangkat 4-D. Hasil penelitian menunjukan bahwa perangkat yang dikembangkan valid, efektif, dan praktis untuk digunakan. Kevalidan perangkat ditunjukan dari hasil validasi ahli bahwa perangkat siap digunakan dengan sedikit revisi. Perangkat dikatakan praktis terlihat berdasarkan hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran selama 3 pertemuan yaitu 94,73 %, 100 %, dan 94,11 dengan criteria sangat baik, , serta angket respon guru dan siswa yang menyatakan perangkat praktis untuk digunakan dengan presentase berturut-turut 85,8 dan 87,95 %. Perangkat pembelajaran efektif ditunjukan dengan angka peningkatan kemampuan kognitif yang diuji yaitu sebesar 0,81 dengan criteria n-gain tinggi dan hasil pengamatan aktivitas siswa yaitu diatas 84 % dengan criteria baik.
Kata Kunci : Kognitif, Kearfan Lokal, Perangkat Pembelajaran, Sekolah Menengah Kejuruan
Download berkas