Penulis / NIM
LIA RAHMAWATI / 421415001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Lia Rahmawati, 421415001. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada anak tunadaksa. Skripsi Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2019. Pembimbing 1 Bapak Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing 2 Ibu Supartin, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) pada anak Tunadaksa kelas X SMA yang terdiri dari silabus, RPP, LKPD, bahan ajar dan penilaian kompetensi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data yang terdiri dari validasi ahli, observasi, wawancara dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan memenuhi kriteria layak dan dapat digunakan dengan revisi kecil. Perangkat pembelajaran yang layak diperoleh dari hasil validasi oleh 3 orang validator yang merupakan dosen penguji, sedangkan keefektifan perangkat diperoleh dari beberapa indikator yaitu keterlaksanaan pembelajaran dengan rata-rata 93.93%, aktivitas peserta didik dengan rata-rata 86.9%. Serta respon positif dari guru dan peserta didik yang diperoleh dengan wawancara.
Kata kunci : CTL (Contextual Teaching and Learning), PBI (Problem Based Learning), Perangkat Pembelajaran
Download berkas