Penulis / NIM
SAMSUL / 421415004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MUHAMMAD YUSUF, S.Pd, M.Pd / 0018107508
Pembimbing 2 / NIDN
Dr TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Samsul. 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik materi Gelombang bunyi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Muhammad Yusuf, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing 2 Dr. Tirtawati Abdjul. S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini melibatkan peserta didik sebagai sampel sebanyak 26 orang di salah satu sekolah menengah atas di Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal berupa silabus, RPP, LKPD, bahan ajar, dan tes hasil belajar yang valid, praktis, efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada konsep gelombang bunyi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode penelitian dan pengembangan yang dimodifikasi Sukmadinata dan kawan-kawan dari sepuluh langkah penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall yang terdiri tiga tahap yaitu studi pendahuluan, pengembangan dan uji produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi perangkat pembelajaran mencapai angka kevalidan 3.2 dengan kriteria valid, kepraktisan perangkat pembelajaran ditentukan melalui keterlaksanaan pembelajaran mencapai 92.3% dengan kriteria sangat baik, keefektifan perangkat pembelajaran ditentukan melalui hasil belajar peserta didik mencapai 77% dengan kriteria baik dan respon peserta didik mencapai 81% dengan kriteria baik serta peningkatan kompetensi literasi sainstifik mencapai 0.47 dengan kriteria gain sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Perangkat Pembelajaran, Kearifan Lokal
Download berkas