Penulis / NIM
MOH. RAFLI R. YUSUF / 421415011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DEWI DIANA PARAMATA, S.Pd, M.Pd / 0006056807
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
Moh. Rafli R Yusuf, 2022. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Gelombang Bunyi Kelas XI SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing 1 Dewi Diana Paramata dan Pembimbing 2 Supartin
Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Gelombang Bunyi Kelas XI SMA. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimental dengan model One Group Pretest-Posttes Design dengan melibatkan 3 kelas, dimana 1 kelas berperan sebagai kelas eksperimen dan 2 kelas berperan sebagai kelas replikasi. Teknik pengumpulan data yang telah digunakan yakni tes hasil belajar, kemudian diolah dan dianalisis menggunakan statistik uji t, dimana hasil uji hipotesis akan berdasarkan pada suatu kriteria yaitu nilai hasil belajar minimum sebesar 70. Pengujian hipotesis ini diperoleh thitung 0.34, 0.32 da 0.31 dan ttabel sebesar - 2.04. dari nilai tersebut diketahui bahwa thitung lebih besar dari ����¯�¿�½" ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh positif terhadap nilai KKM hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar
Download berkas