Penulis / NIM
TAADDUDDIN / 421415013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
Abstrak- Penelitian ini bertujuan memperoleh perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi gerak pada benda. Desain Penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan yang dimodifikasi oleh Sukmadinata dkk dari 10 langkah penelitian Borg dan Gall, dengan jumlah sampel peserta didik sebanyak 23 orang, di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Gorontalo. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal menggunakan desain penelitian pengembangan yang dimodifikasi oleh Sukmadinata dan kawan-kawan dari sepuluh langkah penelitian pengembangan Borg dan Gall. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Silabus, RPP Bahan Ajar, LKPD serta Tes pemahaman konsep yang berbasis kearifan lokal. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dari penelitian ini, valid dengan pencapaian rata-rata dari kevalidan adalah 3, efektif dengan pencapaian aktivitas peserta didik rata-rata 64.75% dikategorikan baik, respon peserta didik mencapai 80% dengan kategori baik serta kepraktisan perangkat pembelajaran dengan pencapaian keterlaksanaan pembelajaran mencapai 93.25% dengan kategori sangat baik.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Kearifan Lokal, Perangkat Pembelajaran
Download berkas