Penulis / NIM
INDRIYANI BIDARA KANSIL / 421415019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DEWI DIANA PARAMATA, S.Pd, M.Pd / 0006056807
Pembimbing 2 / NIDN
Dr TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi suhu dan perubahannya melalui implementasi model pembelajaran children learning in science. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas model Kemis dan Taggart dengan menggunakan dua siklus, setiap siklus yang terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi .Siswa yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 5 Gorontalo, tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi model children learning in science dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu pada siklus I persentase ketuntasan belajar masih rendah dan mengalami peningkatan pada siklus II . Untuk aktivitas guru jumlah nilai setiap aspek yang diperoleh pada siklus I yaitu 76, 7%, dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 83,4 %, aspek aktivitas siswa pada siklus I dengan persentase 9, 67% sedangkan pada siklus II meningkat dengan persentase 9,81%, dan hasil belajar siswa dengan persentase yang mengalami peningkatan pada siklus siklus I dan II yaitu dari 66,6% menjadi 96%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi model children learning in science dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Model Children Learning In Science (CLIS), dan Hasil Belajar Siswa.
Download berkas