Penulis / NIM
SRI WAHYUNI H. MURSALIN / 421415026
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Pembimbing 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstrak
Sriwahyuni H. Mursalin. 421415026. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbantuan Group Facebook Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Abdul Haris Odja, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Abd. Wahidin Nuayi, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan setelah menerapkan pembelajaran berbantuan grup facebook. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Gorontalo, kelas XI IPA 1 dengan jumlah peserta didik sebanyak 25 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes hasil belajar berbentuk essay sebanyak 9 butir soal untuk pre-test dan 9 butir soal untuk post-test yang dibagikan pada awal dan akhir pembelajaran dan lembar validasi ahli yang digunakan untuk mengetahui kevalidan suatu instrumen yang digunakan selama penelitian. Data hasil instrumen tes dianalisis dengan uji analisis statistik berupa uji normalitas data, uji hipotesis dan uji gain ternormalisasi, sedangkan data hasil analisis validasi ahli dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan data hasil penelitian berupa hasil belajar fisika menunjukkan bahwa nilai persentase rata-rata skor hasil belajar siswa untuk pre-test sebesar 19,85% dan post-test sebesar 82,40% dengan nilai N-gain sebesar 0,78 (g> 0,70) termasuk kriteria gain tinggi. Rata-rata skor hasil belajar siswa pada tiap ranah kognitif juga mengalami kemajuan hasil belajar yang lebih besar dibanding dengan sebelum diterapkannya pembelajaran berbantuan grup fecebook. Hasil uji normalitas data juga menunjukkan bahwa data kelas eksperimen terdistribusi normal karena Lhitung > Ltabel, dan untuk hasil pengujian hipotesis dengan uji t menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan pembelajaran dengan bantuan grup facebook terhadap hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis.
Kata Kunci : Kooperatif Tipe Stad, Hasil Belajar, Facebook
Download berkas