Penulis / NIM
STENLY TAMPI / 421415032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Pembimbing 2 / NIDN
DEWA GEDE EKA SETIAWAN, S.Pd., M.Sc / 0025088602
Abstrak
ABSTRAK
Stenly Tempi. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Pada Materi Suhu Dan Kalor Di MTS Wahdah Islamiyah Bone Bolango. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Abdul Haris Odja, S.Pd M,Pd dan Pembimbing II Dewa Gede Eka Setiawan, S.Pd, M.Sc.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe STAD terhadap hasil belajar fisika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTS Wahdah Islamiyah Bone Bolango pada tahun ajaran 2021/2022. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control design. Tehnik sampling yang digunakan yaitu cluster ramdom sampling, dengan kelas VII.A sebagai sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar eksperimen 66,29 sedangkan kelas kontrol 44,81. Hasil analisis data menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homagen. Hasil uji-t diperoleh thitung = 3.05 > ttabel = 1.690 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD terhadap hasil belajar fisika pada materi suhu dan kalor.
Kata Kunci : Cooperative Learning, STAD, Hasil Belajar, Suhu dan Kalor
Download berkas