Penulis / NIM
SRI ENZELA R. BIIYA / 421415034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DEWI DIANA PARAMATA, S.Pd, M.Pd / 0006056807
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RITIN ULOLI, M.Pd / 0007037003
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian butir soal kognitif dengan indikator dalam RPP buatan guru pada materi fisika berdasarkan kaidah-kaidah penulisan soal. Subjek penelitian yaitu guru Fisika di SMA Negeri 6 Gorontalo Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif mengikuti konsep yang diberikan Miles, Huberman dan Spradley dengan teknik pengumpulan data berupa dokumen butir soal dengan RPP dan wawancara. Adapun pengujian keabsahan menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan penilaian kesesuaian butir soal dengan indikator dalam RPP Buatan Guru didapatkan hasil bahwa untuk keseluruhan soal pilihan ganda dari soal nomor 1 s/d soal nomor 6, dikatakan kurang sesuai karena soal hanya mencangkup beberapa kaidah penulisan soal untuk pilihan ganda, dan untuk keseluruhan soal uraian baik materi pertama dan materi kedua dikatakan sesuai karena soal-soal tersebut sudah mencangkup semua kaidah penulisan soal untuk uraian, Sehingga hasil analisis menunjukkan bahwa butir soal yang dibuat oleh guru hanya berpusat pada beberapa indikator pembelajaran saja atau tidak semua indikator pembelajaran tidak memiliki butir soal, hal ini dapat menyebabkan tidak terdistribusinya pencapaian dalam pembelajaran.
Kata kunci : Kaidah Penulisan soal, RPP Buatan Guru, Butir Soal
Download berkas