Penulis / NIM
OIS BOKINGO / 421415044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
Ois Bokingo, 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Strategi Blended Learning Berbantuan Media Crossword Puzzle Serta Media Sosial Terhadap Pemahaman Konsep Getaran, Gelombang Dan Bunyi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing 1 Abdul Haris Odja dan Pembimbing 2 Supartin
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning dengan strategi blended learning berbantuan media Crossword Puzzle terhadap kemampuan pemahaman konsep fisika peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimental dengan desain one-shot case study yang terdiri dari 1 kelas eksperimen sebagai kelas sampel yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Botupingge. Data yang diperoleh berupa pemahaman konsep fisika siswa pada materi getaran, gelombang, dan bunyi yang dijaring dengan menggunakan lembar tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Hasil penelitian keseluruhan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dengan strategi blended learning berbantuan media Crossword Puzzle berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep fisika peserta didik yang ditunjukkan dengan melalui pembuktian uji hipotesis bahwa nilai ttabel>thitung yang menyatakan bahwa hasil belajar peserta didik paling rendah sebesar ����¤75, dimana dari keseluruhan sampel yang berjumlah 69 responden, sebanyak 82.61% atau 57 responden memperoleh skor di atas 75.
Kata Kunci : Discovery Learning, Blended Learning, Crossword Puzzle, Pemahaman Konsep
Download berkas