Penulis / NIM
SRIVITRIYANTI THAIB / 421415060
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Srivitriyanti Thaib, 2019. Analisis Literasi Sains pada Aspek Penyelidikan Hakikat Sains pada Buku Teks Fisika Kelas XI SMA/SMK/MA. Skripsi, Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Mursalin, Pembimbing 2 Citron S. Payu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi sains pada buku teks fisika pada kelas XI SMA/SMK/MA. Hasil penelitian diperoleh dengan cara menggunakan instrumen yang berisi sub indikator tentang literasi sains buku teks fisika pada aspek literasi sains sebagai cara untuk menyelidiki. Buku yang dianalisis hanya dua buku yang paling sering digunakan di setiap sekolah yakni B01 dan B02 yang menampilkan sub kategori literasi sains pada aspek penyelidikan hakikat sains. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa B02 lebih dominan kemunculan sub indikatornya karena pada B02 merupakan buku yang lebih banyak membahas soal-soal sama seperti instrument yang digunakan dalam penelitian ini yakni sub indikatornya lebih menekankan terhadapa persamaan mateatis (soal-soal) daripada teori dibandingkan dengan B01 yang memiliki karakteristik buku lebih dominan pada teori dan penerapan pada kehidupan sehari-hari dan kurang adanya contoh soal pada sub pokok bahasan.
Kata Kunci : Literasi Sains, Hakikat Sains, Buku Teks, Analisis Isi
Download berkas