Penulis / NIM
ROBIH MANNAL ARZAQ / 421415063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
Dr TRISNAWATY JUNUS BUHUNGO, S.Pd, M.Pd / 0018097605
Abstrak
ABSTRAK
Robih Mannal Arzaq, 2019. Analisis Literasi Sains pada Aspek Sains sebagai cara berpikir pada Buku Teks Fisika Kelas X SMA/MA se- Kota Gorontalo. Skripsi, Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Mursalin, Pembimbing 2 Trisnawaty J. Buhungo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat literasi sains pada buku teks fisika yang paling sering digunakan di kelas X semenster genap SMA/MA se-Kota Gorontalo. Hasil penelitian diperoleh dengan cara menggunakan lembar penilaian yang berisi sub indikator tentang literasi sains buku teks fisika pada aspek literasi sains. Hasil penelitian kedua buku menampilkan dimensi literasi sains pada aspek Sains sebagai cara berpikir pada buku Fisika SMA Kelas X B01 memperoleh persentasi sebesar 26 %, pada buku fisika Peminatan Matematika dan Ilmu Alam Untuk SMA/MA X B02 memperoleh hasil 21%. dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa literasi sains buku teks fisika pada aspek Sains sebagai cara berpikir yang sering digunakan di kelas X semenster genap SMA/MA se-Kota Gorontalo berkriteria kurang baik sesuai penilaian dengan rata-rata persentase ketiga buku yaitu 24 %.
Kata Kunci : Literasi Sains, Buku Teks, Analisis Isi
Download berkas