Penulis / NIM
WIRTA AL-BEN / 421415068
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MUHAMMAD YUSUF, S.Pd, M.Pd / 0018107508
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RITIN ULOLI, M.Pd / 0007037003
Abstrak
ABSTRAK
Wirta Al-Ben. 2022 ��Ã..."Pengaruh Model Pembelajaran Discoveri Learning Menggunakan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar SiswaÃ��ÂÂ. Program Studi SI Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Muhammad Yusuf dan pembimbing II Ritin Uloli
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh iswa kelas VIII SMP Negeri 5 Gorintalo, Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo. Pengambilan sampel secara random sampling yang dalam hal ini menjadi sampel penelitian adalah kelas VIII A (Kelas Eksperimen) dan Kelas VIII B (Kelas Kontrol) yang berjumblah 30 orang untuk masing-masing kelas desain penelitian yang digunakan dimana peneliti menentukan langsung sampel penelitian yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Kelas eksperimen menggunakan metode eksperimen dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. hipotesis dalam penelitian ini berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t dua sampel independen, diperoleh nilai thitung 17,93 dan nilai ttabel 2,001 dengan taraf signifikan 5%. Nilai thtiung dan ttabel memberikan Proporsi menjadi nilai 17,93��¥2,001 dimana kriteria yang digunakan t_hitung��¥t_tabel, sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran descovery learning dapat menigkatkan hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang.
Kata Kunci : Model Discoveri Learning, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar
Download berkas