Penulis / NIM
REVIANI DUNDA / 421416002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
Dr TRISNAWATY JUNUS BUHUNGO, S.Pd, M.Pd / 0018097605
Abstrak
Reviani Dunda. 2020. Pengaruh Penerapan Google Classroom Berbantuan Facebook Messenger Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Asri Arbie dan Pembimbing 2 Trisnawaty J. Buhungo.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Google Classroom berbantuan Facebook Messenger terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fisika setelah diberikan perlakuan. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimental dengan model One Group Pretest-Posttest Design dengan melibatkan 3 kelas, dimana 1 kelas berperan sebagai kelas eksperimen dan 2 kelas berperan sebagai kelas replikasi. Teknik pengumpulan data yang telah digunakan yakni angket motivasi belajar, kemudian diolah dan dianalisis menggunakan statistik uji t, dimana hasil uji hipotesis akan berdasarkan pada suatu kriteria yaitu nilai hasil motivasi belajara minimum sebesar 70. Pengujian hipotesis ini diperoleh thitung 14, 19, 13 dan ttabel sebesar 1.66. dari nilai tersebut diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel, maka H1 ditolak dan H0 diterima. Oleh karena itu, pembelajaran dengan menerapkan Google Classroom berbantuan Facebook Messenger berpengaruh positif terhadap nilai KKM motivasi belajar siswa.
Kata kunci: Google Classroom, Facebook Messenger, Motivasi Belajar
Download berkas