Penulis / NIM
SRIWILIN POTALE / 421416003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
Sriwilin Potale, 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SMA Menggunakan Model Kolaboratif Jire Pada Materi Momentum Dan Impuls. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Mursalin dan Nova Elysia Ntobuo.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan perangkat pembelajaran fisika SMA menggunakan model kolaboratif jire berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), dan Tes Hasil Belajar (THB) pada materi momentum dan impuls. Perangkat pembelajaran yang berkualitas memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengembangan dengan desain model 4D yang terdiri atas empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun pada penelitian ini hanya dibatasi sampai pada tahap pengembangan (development). Penelitian ini melibatkan 26 peserta didik yang ada di sekolah MAN 1 Kota Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Validasi perangkat pembelajaran mencapai angka kevalidan 84.23% dengan kriteria valid; 2) Kepraktisan perangkat pembelajaran ditentukan melalui keterlaksanaan pembelajaran yang mencapai 93.33% dengan kriteria sangat baik dan angket respon peserta didik yang mencapai 79.21% dengan kriteria baik; 3) Keefektifan perangkat pembelajaran ditentukan melalui aktivitas siswa yang mencapai 75.17% dengan kriteria baik dan hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls dengan nilai 0.65 dengan kriteria N-gain sedang, instrument test termasuk dalam kategori reliabel dengan skor 0.6 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 65.38%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran fisika SMA menggunakan model kolaboratif jire pada materi momentum dan impuls sudah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Kata kunci: Perangkat pembelajaran dan kolaboratif jire
Download berkas