Penulis / NIM
FEBRIAN DWI PERMANA / 421416006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Google Classroom berbantuan Whatsapp dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD guna menuntaskan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika. Pengaruh ini dilihat dari mampu atau tidaknya peserta didik mencapai kriteria ketuntasan mata pelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang berbasis improftif kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan adalah One Shot Case Study. Data yang diperoleh berupa hasil belajar peserta didik yang dijaring menggunakan lembar tes. Berdasarkan Uji t pihak kiri, diperoleh nilai t hitung pada kelas eksperimen sebesar 1,174 dan pada kelas replikasi diperoleh nilai t hitung sebesar 0,938. Sedangkan jika diambil besar t tabel dalam taraf nyata 0,05 untuk kelas eksperimen dengan dk = 21 diperoleh t tabel 1,721 dan untuk kelas eksperimen dengan dk = 24 diperoleh t tabel 1,711. Ternyata nilai t hitung lebih besar dari negatif t tabel baik untuk kelas eksperimen maupun kelas replikasi. Jadi hipotesis Ho diterima dalam taraf nyata 0,05 yang menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik paling rendah adalah 73. Hal tersebut menunjukkan penggunaan Google Classroom berbantuan Whatsapp dalam pembelajaran berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci: Google Classroom, Whatsapp, STAD, Hasil Belajar
Download berkas