Penulis / NIM
MAULIDINA AULIA BOTUTIHE / 421416007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai apakah terdapat pengaruh penerapan pembelajaran menggunakan aplikasi Google classroom berbantuan Line terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika di SMA Negeri 2 Gorontalo tahun ajaran 2019/2020, yang melibatkan kelas XI-IPA 3 sebagai kelas eksperimen, kelas XI-IPA 4 sebagai kelas replikasi 1 dan kelas XI-IPA 6 sebagai kelas replikasi 2. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode Pra-eksperimental dan desain One Groups Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data melalui angket, data yang terkumpul diolah dan dianalisis menggunakan statistik uji t, dimana hasil uji hipotesis akan berdasarkan pada kriteria ketentuan minimun yaitu 70. Dari hasil uji hipotesis dari ketiga kelas tersebut diperoleh thitung 7.68, 10.98, 5.94 dan ttabel sebsar 1.67 . Dimana nilai thitung lebih besar dari ttabel dapat disimpulkan bahwa HI ditolak dalam hal ini H0 diterima. Berdasarkan hasil gain ternormalisasi juga dapat dilihat peningkatan untuk kelas eksperimen, replikasi 1 dan replikasi 2 itu tidak jauh berbeda dimana hasil gain yang peroleh oleh kelas ekperimen 0.54, untuk kelas replikasi 1 sbesar 0.53 dan untuk kelas replikasi 2 yaitu 0.62. Hal ini menunjukan bahwa adanya konsistensi peningkatan minat belajar setelah penerapan pembelajaran menggunakan Google Classroom berbantuan Line dari ketiga kelas tersebut. Sehingga pembelajaran menggunakan aplikasi Google Classroom berbantuan Line berpengaruh positif terhadap minat belajar peserta didik pling rendah sebesar 70.
Kata kunci: Google classroom, Line, Minat Belajar
Download berkas