Penulis / NIM
NISMAWATI A. HARUNA / 421416010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Pembimbing 2 / NIDN
DEWA GEDE EKA SETIAWAN, S.Pd., M.Sc / 0025088602
Abstrak
ABSTRAK
Nismawati A. Haruna (421416010) ..."Pengaruh Penerapan E-Learning Dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Nilai-Nilai Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Usaha Dan Energi. Program studi pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Abdul Haris Odja, S.Pd, M. Pd dan Dewa Gede Eka Setiawan S.Pd, M.Sc Selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh penerapan e-learning dalam pembelajaran fisika berbasis nilai-nilai karakter untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di sekolah SMA Negeri 1 Tilango Kelas X IPA semester semester genap tahun ajaran 2019/2020. Instrument yang dipakai dalam penelitian ini yaitu tes tertulis pretest dan posttes yang terdapat dari 12 nomor soal untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan e-Learning. Uji normalitas data yang di hasilkan dari pretest menggunakan uji Chi-Kuadrat Lhitung < Ltabel, kemudian dengan mengggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dihasilkan 0.035 kemudian untuk hasil nilai posttes Lhitung < Ltabel, dan 0.457. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa kelas X IPA dengan rata-rata nilai gain 0.82 yang termasuk dalam kriteria tinggi. Setelah selesai menganalisis hipotesis data yng didapatkan dari pretest dan posttes berdasarkan output ..."test statistic diketahui Asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0.00. nilai yang didapatkan 0.00 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan meggunakan penerapan e-learning dalam pembelajaran fisika pada materi usaha dan energi.
Kata Kunci : E-Learning, Hasil Belajar.
Download berkas