Penulis / NIM
FANDI MAMONTO / 421416012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI DIANA PARAMATA, S.Pd, M.Pd / 0006056807
Abstrak
Fandi Mamonto. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing 2 Dewi Diana Paramata, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Menggunakan Model Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus yang valid dan layak digunakan secara teoritis. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dengan desain model 4D yang melalui 4 tahapan diantaranya tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (disseminate). Teknik pengumpulan data melalui lembar validasi terdiri dari Dosen, Guru IPA, Kepala Sekolah, dan Mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kevalidan perangkat melalui indeks Aiken V dalam RPP sebesar 0.89, LKPD sebesar 0.88 dan THB sebesar 0.88. Ketiga komponen perangkat termasuk kriteria sangat valid. Uji reliabilitas masing-masing komponen untuk RPP senilai 0.818, LKPD senilai. 0.857, dan THB senilai 0.884. Komponen perangkat pembelajaran reliabel dengan kategori baik berdasarkan Interrater Correlation Coefficient (ICC). Secara teoritis, perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dan layak diuji cobakan di kelas VIII Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, STAD, Siswa Berkebutuhan Khusus.
Download berkas