Penulis / NIM
TITA APRIANTI DJOLA / 421416013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
Tita Aprianti Djola. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan PhET Simulations Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Pemantulan dan Pembiasan Cahaya di SMP Negeri 4 Telaga. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Nova Elysia Ntobuo, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PhET simulations terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pemantulan dan pembiasan cahaya di SMP Negeri 4 Telaga. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan desain penelitian One Group Preetest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data melalui tes essay. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis menggunakan statistik uji t, dimana hasil uji hipotesis akan berdasarkan pada kriteria ketuntasan minimum yaitu 70. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 5.08 dan ttabel sebesar 1.71, sehingga nilai thitung lebih besar dari ttabel dapat disimpulkan bahwa Hi ditolak dalam hal ini H0 diterima. Berdasarkan hasil gain ternormalisasi juga didapatkan hasil sebesar 0.721 ini berarti termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PhET Simulations berpengaruh positif terhadap keterampilan proses sains siswa.
Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, PhET Simulations, Keterampilan Proses Sains
Download berkas