Penulis / NIM
SUTRAN LOLONTO / 421416017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Abstrak
ABSTRAK
Sutran Lolonto. 2021."Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Jire Berbasis Smart Apps Creator Pada Materi Momentum Dan Impuls Fisika SMA Negeri 2 Gorontalo. Skripsi program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Nova Elysia Ntobuo, S.Pd, M.Pd
Pebimbing II Dr. Abdul Haris Odja, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalalui penerapan model pembelajaran Kolaboratif Jire berbasis Smart APPS Creator pada materi momentum dan impuls fiska SMA Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam satu siklus dengan siklus I ini terdiri dari tahap perencanaan/tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta analaisis dan refleksi. Subjek penlitian adalah siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Gorontalo yang berjumlah 34 siswa. Teknik analisis data menggunakan tes hasil belajar. anilisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data dari peelitian ini diperoleh dari data hasil pengamatan aktivitas guru dan siswa melalui lembar pengamatan dan data hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pemeblajaran kolaboratif jire berbasis Smart APPS Creator dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas guru meningkat 94.94% pada siklus I. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan 99.67%. Selanjutnya hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan 94,1%, dengan rata-rata nilai siklus I 89.11%.
Kata Kunci : Kolaboratif Jire, Smart APPS Creator, Momentum dan Impuls.
Download berkas