Penulis / NIM
SUTAN MOH. RAHRA / 421416018
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
Dr TRISNAWATY JUNUS BUHUNGO, S.Pd, M.Pd / 0018097605
Abstrak
Sutan Moh Rahra. 2020. Pengaruh Google Classroom Berbasis Web Dengan Implementasi Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Skripsi. Program Studi S1 Pneididikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Asri Arbie dan Pembimbing 2 Trisnawaty J. Buhungo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dalam pemanfaatan aplikasi Google Classroom berbasis web dengan implementasi model pembelajaran project based learning pada pelajaran fisika materi termodinamika. Selain itu respon peserta didik terhadap treatmen yang diberikan juga diperhatikan sebagai bahan evaluasi peneliti. Metode penelitian yang diterapkan yaitu kuantitatif dengan pendekatan pra-eksperimental serta menggunakan one-shot case study sebagai desain penelitian. Adapun tempat pelaksanaannya dilakukan di SMA Negeri 1 Gorontalo semester genap tahun ajaran 2019/2020, dengan subjek penelitian kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 8, serta jumlah peserta didik per kelas secara berturut-turut 30, 30, dan 32. Analisis hipostatik data penelitian menggunakan teknik uji rerata dengan statistik uji t, dimana pengujian hipotesis akan didasarkan pada KKM yang ada di sekolah penelitian yaitu 75. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui harga t hitung untuk masing-masing kelas sebesar 7.27, 3.44, dan 4.17 yang mana lebih besar daripada harga dari t tabel yang itu sebesar 1.69 (thit > ttab), maka hipotesis statistik yang berlaku yaitu H0 diterima dan Ha ditolak untuk semua kelas penelitian, dimana H0 menyatakan bahwa hasil belajar peserta didik paling rendah sebesar 75 dengan predikat baik (B).
Kata kunci: Google Classroom, Project Based Learning, Hasil Belajar
Download berkas