Penulis / NIM
NURCAHYANI PODUNGGE / 421416020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DEWI DIANA PARAMATA, S.Pd, M.Pd / 0006056807
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Abstrak
Nurcahyani Podungge. 2020. Pengaruh Penerapan E-Learning Dalam Pembelajaran Fisika Pada Konsep Gejala Pemanasan Global Berbasis Nilai-Nilai Al-Quran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Dibimbing Oleh Dewi Diana Paramata dan Abdul Haris Odja.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai apakah terdapat pengaruh penerapan e-learning dalam pembelajaran fisika berbasis nilai-nilai al-quran terhadap hasil belajar siswa, yang dilakukan di MAN 1 Kota Gorontalo pada tahun ajaran 2019/2020 dengan menggunakan kelas XI IPA 4 sebagai sampel penelitian. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksprimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis berupa pretest dan posttest, data yang terkumpul dilakukan uji n-gain dengan nilai rata-rata hasil belajar pada posttest adalah 64 sedangkan pada pretest adalah 17 artinya nilai posttest lebih tinggi dibandingkan nilai pretest sehingga terjadi peningkatan hasil belajar. Sedangkan nilai n-gain yang ternormalisasi adalah 0.637 dan termasuk dalam kategori sedang. Pada uji normalitas didapatkan bahwa hasil pretest dan posttest yaitu Lhitung< Ltabel sehingga data berdistribusi normal, selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji ..."t berpasangan diperoleh thitung sebesar 31.22 sedangkan nilai diperoleh sebesar 2.03951. Dengan demikian thitung > ttabel sehingga Ho : ditolak dan Hi : diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa sebelum dan setelah menerapkan e-learning dalam pembelajaran fisika berbasis al-quran pada konsep gejala pemanasan global.
Kata Kunci: E-learning, Hasil Belajar, Nilai-nilai Al-quran
Download berkas